Minggu, 21 November 2010

Dasar - Dasar Jaringan Komputer/Internet

A. Pengertian
Jaringan komputer adalah kumpulan 2 atau lebih sistem komputer yang dihubungkan baik melalui kabel penghantar atau tanpa kable sehingga dapat saling berkomunikasi atau bertukar informasi
Internet berasal dari kata Interconected Networks yang berarti jaringan yang saling terhubung. Menurut pengertian tersebut beberapa jaringan komputer yang dihubungkan merupakan sebuah internet. Secara umum istilah internet digunakan untuk menyebutkan kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung yang mencakup seluruh jaringan yang ada di dunia. Sehingga internet tidak menjadi milik seseorang, lembaga atau negera tertentu. Jadi internet adalah kumpulan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia yang dihubungkan sehingga dapat saling bertukar informasi.
Dalam lingkup yang lebih sempit, sebuah orgranisasi atau lembaga atau perusahaan tertentu mampu membangun jaringan sendiri dengan mengadopsi teknologi internet. Jaringan tersebut secara khusus tidak boleh digunakan oleh orang di luar anggota organisasi yang bersangkutan. Jaringan demikian disebut dengan intranet.
Sesuai dengan perkembangan internet yang demikian pesat, sebuah organisasi yang memiliki jaringan intranet dapat memanfaatkan jaringan internet untuk memberikan informasi yang diijinkan untuk diketahui atau diakses oleh pihak di luar organisasi. Seperti untuk publikasi atau kepentingan lain yang berhubungan dengan pihak luar. Bagian informasi atau jaringan di dalam sebuah intranet yang dihubungkan dan diijinkan untuk diakses oleh pihak luar organisasi melalui internet tersebut dinamakan ekstranet.


B. Sejarah
- Pembentukan jaringan komputer diawali sekitar tahun 1950-an yaitu ketika ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang kemudian dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Konsep ini diciptakan untuk membuat sebuah superkomputer dimana satu unit komputer harus dapat melayani beberapa terminal. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
- Pada tahun 1957 Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA. Pada tahun 1967 desain awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
- Memasuki tahun 1970-an sudah lebih 10 komputer berhasil dihubungkan sehingga komputer-komputer tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. Tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail. Program ini begitu mudah dan langsung populer dengan memperkenalkan ikon @ yang berarti “at” atau “pada”.
- Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang luas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, 2 orang ahli komputer, Vinson Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini untuk pertama kalinya dipresentasikan di Sussex University.
- Pada tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan baru dengan meluncurkan telepon TV pertama, di mana orang bisa telepon sambil melihat wajah lawan bicaranya melalui video link.
- Pada tahun 1982 dikeluarkan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
- Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer yang dikenal dengan UENET, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia, yang menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET dan untuk menyeragamkan alamat di jaringan yang ada.
- Pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System (DNS) yang merupakan sistem penamaan untuk memudahkan manusia menghubungi di jaringan. Telah terhubung lebih dari 1000 unit komputer hingga tahun 1984 itu.
- Pada tahun 1988 Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan memperkenalkan IRC dan setahun kemudian jumlah komputer yang terhubung melonjak 10 kali lipat (lebih dari 100.000 unit komputer).
- Tahun 1989 Tim Berner Lee menciptakan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain. Program ini disebut WWW (World Wide Web).
- Tahun 1990 ARPANET ditutup dan digantikan dengan NSFNET
- Tahun 1992 istilah surfing (menjelajah) di Internet diperkenalkan oleh Jean Armour Polly.
- Tahun 1994 Browser Netscape Navigator 1.0 dikeluarkan, YAHOO didirikan.
- Tahun 1996, Netscape Navigator 2.0 yang sudah mendukung Java Script dikeluarkan. Internet Explorer dikeluarkan oleh Microsoft.
- Tahun 1998, Larry page dan Sergey Brin mendirikan GOOGLE..
- Tahun 2004, Mozilla Firefox 1.0 dirilis dan merupakan browser open source pertama yang dapat di-download dari internet.


C. Macam-Macam Jaringan Komputer
Berdasarkan jarak antar node atau komputer yang terhubung, jaringan komputer dikelompokkan menjadi 3, yaitu:LAN, MAN, WAN
Berdasarkan skema fisik hubungan antar node atau pengkabelan. Macam jaringan komputer adalah jaringan bus, star, ring dan web.
Berdasarkan kedudukan node. yaitu peer to peer dan client server


D. Ulangan

Ketentuan:
- Hasil Ulangan dianggap valid jika mengisi 2 (dua) form di bawah ini secara berurutan-urutan.
- Toleransi waktu pengisian antara form 1 dan form 2 maksimal 10 menit
1. FORM 1 : Daftar untuk Ulangan Harian 1
2. FORM 2 :  Mulai Ulangan Harian 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer