Selasa, 23 November 2010

Kata Pengantar

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah
Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A.  Latar Belakang 
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang
dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material
mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek
kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada
teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu
mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini
mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global
yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan
tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat
dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia
untuk dapat belajar secara cepat. Dengan  demikian selain sebagai bagian dari
kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk
merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik
dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata
pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau
bersama-sama dengan mata pelajaran  keterampilan lainnya. Alokasi waktu
pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs  adalah 72 jam pelajaran
untuk selama 3 tahun, atau  ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1
tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri

B.   Tujuan  
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi  
  2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi 
  3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 
  4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi. 


C.   Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-
aspek sebagai berikut.

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi 
  2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer