Minggu, 09 Januari 2011

GPRS 1

1G dan 2G(GPRS)

1G(1-G)
• 1G (1-G) merujuk kepada generasi pertama dari teknologi telepon nirkabel, telekomunikasi selular. Ini adalah standar telekomunikasi analog yang diperkenalkan pada tahun 1980 dan berlanjut sampai digantikan oleh 2G telekomunikasi digital. Perbedaan utama antara dua sistem telepon mobile berhasil, 1G dan 2G, adalah bahwa sinyal radio yang menggunakan jaringan 1G adalah analog, sedangkan jaringan 2G adalah digital.

Meskipun kedua sistem menggunakan sinyal digital dapat terhubung menara radio (yang mendengarkan handset) ke seluruh sistem telepon, suara itu sendiri selama panggilan dikodekan menjadi sinyal-sinyal digital di 2G sedangkan 1G hanya dimodulasi ke frekuensi yang dapat mencapai rata-rata kurang lebih sekitar 150 Mhz keatas.

Salah satu standar tersebut adalah NMT (Nordic Mobile Telephone), yang digunakan di negara-negara Nordik, Swiss, Belanda, Eropa Timur dan Rusia. Lainnya termasuk AMPS (Advanced Mobile Phone System) yang digunakan di Amerika Serikat dan Australia [1], TACS (Total Access Communications System) di Inggris, C-450 di Jerman Barat, Portugal dan Afrika Selatan, Radiocom 2000 [2] di Perancis, dan RTMI di Italia. Di Jepang ada beberapa sistem. Tiga standar, TZ-801, TZ-802, dan TZ-803 dikembangkan oleh NTT.

2G(2-G)
• 2G (atau 2-G) adalah singkatan dari teknologi generasi kedua telepon seluler. Teknologi seluler ini hadir menggantikan teknologi seluler pertama, 1G yang menggunakan sistem analog seperti AMPS (Advanced Mobile Phone System). 2G merupakan jaringan telekomunikasi selular yang diluncurkan secara komersial pada jaringan GSM standar di Finlandia oleh Radiolinja (sekarang bagian dari Elisa) pada tahun 1991. Berbeda dengan 1G, 2G menggunakan sistem digital. Selain melayani komunikasi suara, 2G juga dapat melayani komunikasi teks, yakni SMS.
• Perkembanganya : Setelah 2G, lahirlah generasi 2,5G yang merupakan pengembangan dari 2 G. 2.5G mengaktifkan layanan kecepatan tinggi transfer data melalui jaringan 2G yang ada ditingkatkan. 2,5G adalah layanan komunikasi suara, sms dan data 153 kbps. Teknologi 2,5 G yang terkenal adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution). Generasi 3 atau 3G merupakan teknologi terbaru dalam dunia seluler. Generasi ini lebih dikenal dengan sebutan WCDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access). Kelebihan terletak pada kecepatan transfer data yang mencapai 384 kbps di luar ruangan dan 2 Mbps untuk aplikasi dalam ruangan. 3G menyediakan layanan multimedia seperti internet, video streaming, dan lain-lain. Pengembangan dari 3G adalah 3,5 G yang memiliki kecepatan transfer data 2 mbps. Kini, teknologi yang sedang berkembang di dunia adalah 4G. Teknologi 4G adalah kecepatan data berbasis 802.11b (11 mbps) bahkan 802.11g (54 mbps) dan untuk masa depan 802.11n (115 mbps).
GPRS (General Packet Radio Service)
• Suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
Cara Kerja : SGSN bertugas: 1. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area 2. Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profile data pelanggan GPRS (management mobility) 3. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam suatu area servis yang menjadi tanggung jawabnya (location management) 4. SGSN dihubungkan ke BSS pada GSM dengan koneksi frame relay melalui PCU (Packet Control Unit) di dalam BSC.
 Perbedaan GPRS dan WAP.
WAP merupakan kependekan dari Wireless Application Protocol adalah teknologi seperti WWW dan merupakan protokol untuk mengakses internet melalui HP, sedangkan GPRS (General Packet Radio Service). adalah teknologi koneksi yang digunakan oleh HP tersebut menuju jalur internet. Misalnya, kita menggunakan broadband pada PC yang terkoneksi ke Speedy.
GSM(Global System for Mobile Communication)
GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
• Sejarah GSM :
Teknologi komunikasi selular sebenarnya sudah berkembang dan digunakan pada awal tahun 1980-an, diantaranya sistem C-NET dari Jerman dan Portugal oleh Siemens, sistem RC-2000 dari Prancis, sistem NMT dari Belanda dan Skandinavia oleh Ericsson, serta sistem TACS yang beroperasi di Inggris. Namun teknologinya yang masih analog membuat sistem yang digunakan bersifat regional sehingga penggunaanya terbatas oleh regional tertentu.
GSM hadir pada pertengahan 1991 yang dijadikan standar telekomunikasi seluruh Eropa oleh ETSI (European Telecomunication Standard Institute).Pengoprasianya baru dimulai 1992 secara komersil karena harus dikaji secara mendalam lebih dahulu.Frekuensi GSM 1800 hz hingga kini Pemakaian GSM kemudian meluas ke seluruh belahan dunia.
• Keunggulan GSM : – Kapasitasnya lebih besar.
- Berstandar Internasional.
- Servisnya lebih bervariasi dan kualitasnya lebih baik.
- Keamananya terjamin.


Pungky Aji P. (IX/25)
Rahman H. (IX/28)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer