Rabu, 12 Januari 2011

3G 3

KELOMPOK:
1 DHANU EGA    08/IXF
2 M. RAIS S. A.    22/IXF
 
Pengertian 3G DAN 4G , BESERTA SEJARAH 3G DAN 4G. apakah kalian mengetahui apa pengertian 3G ( third-generation technology ) ? merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki.. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video.. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS.. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang. Sejarah Perkembangan 3G,Generasi pertama (1G) menggunakna banyak standart dan umumnya masih tergolong analog, seperti Address Resolution Protokol (ARP), Nordic Mobile Telephone (NMT), dan yang paling populer Advanced Mobile Phone Service (AMPS). Kemampuan teknologi 1G hanya dapat melayani komunikasi suara. Kemudian generasi kedua (2G) menggunakan teknologi digital (GSM da CDMA), sudah dapat melayani suara secara digital. Selanjutnya yang saat ini masih digunakan, generasi 2,5G sudah ada layanann GPRS dan pesan multimedia (MMS) dan EDGE untuk ponsel GSM dan layanan akses internet, video streaming, transfer data antar pelanggan operator CDMA. 2 JENIS PERKEMBANGANNYA GSM DAN CDMA :
  • Perkembangan kemampuan layanan teknologi GSM. 1G hanya percakapan suara. 2G sudah termasuk didalamnya layanan pesan multimedia (MMS)+GPRS untuk mengakses internet dan transfer data dengan kecepatan 30-40 kbps yang kemudian disempurnakan dengan EGPRS (atau disebut juga EDGE) dengan kecepatan tiga kali lipat dari GPRS. 3G selain data diatas juga mendukung video call, akses internet cepat, video streaming, download konten (video, musik, game, software).
  • Perkembangan kemampuan layanan teknologi CDMA. 1G sama dengan halnya GSM hanya mampu percakapan suara. 2G selain percakapan suara juga terdapat layanan pesan multimedia (MMS), video chatting, video streaming, akses internet berkecepatan 153,6 kbps. 3G disempurnakan lagi dengan tambahan video call, akses internet lebih cepat tiga kali dari sebelumnya, download konten (video, musik, game, software).
Pengembang resmi 3G di Indonesia
Semenjak masuk ke Indonesia, 3G tentunya menjadi incaran perusahaan telekomunikasi. Setelah melalui pelelangan oleh Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi, terpilihlah 3 perusahaan seluler yang memiliki lisensi untuk mengembangkan 3G di Indonesia, yakni :
  1. Telkomsel
  2. Excelcomindo Pratama
  3. Indosat
sory ya menyebutkan provaider ( hohoho )"bukan promosi lho " ^_^ MAri kita lihat perjalanan nya 3G ke 4G 3G ke 3,5G Secara evolusioner teknologi 3G telah dikembangkan menjadi 3.5G melalui peningkatan kecepatan transmisi data dengan teknologi berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). 3G ke 4G
  • Belakangan ini industri nirkabel mulai mengembangkan teknologi 4G, meskipun sebenarnya teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan jelas teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).
Apa itu 4G ( fourth-generation technology )?
4G adalah istilah yang dipakai untuk generasi keempat pada komunikasi seluler,yang menawarkan kecepatan sekitar 10 kali lebih cepat dari generasi ketiga saat ini,, atau jaringan 3G. Ini merupakan akses data dengan kecepatan tinggi yang bisa membuat smartphone jauh lebih sebanding dengan PC,yang memberi mereka kemampuan multimedia yang lebih baik dan sangat baik terutaman buat main game. untuk sekarang ini dimanakah negara yang menggunakan 4G? Sekitar 36 kota di AS termasuk Seattle, Baltimore, Chicago dan Dallas telah memiliki cakupan 4G dari Sprint. dan Masih ada beberapa nama kota besar lain seperti San Francisco dan New York hilang dari daftar, tapi Sprint mengatakan 4G akan tiba di sana pada akhir tahun ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer